Senin, 27 Oktober 2014

Khasiat Mentimun

Ada sebuah hadis tentang sayur mentimun : Dari Abdullah bin Ja'far bahwa Rasulullah biasa menyantap mentimun dengan kurma masak ( HR. At-Tirmidzi)


Bahasa latin untuk mentimun adalah cucumis sativus. Ia merupakan tumbuhan jenis melon atau labu yang menghasilkan buah yg bisa dimakan. Mentimun dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Kandungan air di dalam sayuran mentimun membuat segar tubuh apabila dikonsumsinya. Sayur mentimun  juga membantu untuk melembabkan wajah, Ibnu Qayyim al Jauziyah dalam buku metode pengobatan nabi, menulis bahwa mentimun memiliki kemampuan meredam panas lambung yg meradang. Bijinya berfungsi memperlancar buang air seni dan daunnya bila dibalutkan berguna mengobati akibat gigitan anjing.  

Mentimun memiliki kandungan air hingga 90%, sehingga efeknya juga mampu membuang bakteri sepanjang usus dan dinding kandung kemih. Sifat deuretik juga mampu membantu meringankan retensi air. Kandungan airnya juga mampu membantu menghilangkan toksin dan asam urat melalui ginjal. Karena itu mentimun sangat baik unutk dikonsumsi penderita encok dan darah tinggi. Mentimun juga baik buat konsumsi diet untuk melangsingkan tubuh karena, ia mengenyangkan dan banyak mengandung vitamin yakni A, B1, B2, C, Kalsium, Kalium, Mangan dan Sulfur. Ternyata mentimun memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran Nabipun mengkonsumsinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.